Monday, January 21, 2008

Trik Menampilkan Isi Kategori Pada Joomla

Bagi para pengguna Joomla mungkin agak bosan atau malah kurang suka dengan cara Joomla menampilkan judul-judul artikel yang ada dalam suatu kategori. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya Joomla memberikan kita kebebasan untuk mengubah tampilan tersebut.

Secara default Joomla akan menampilkan isi dari suatu kategori dengan menampilkan beberapa fitur yang akan memudahkan pencarian & navigasi artikel yang terdiri dari fitur pencarian & pengurutan artikel, nama kolom, serta menu navigasi halaman. Namun, ada kalanya sebagian atau semua fitur-fitur tersebut tidak kita butuhkan.

Mau tau bagaimana caranya menghilangkan fitur-fitur tersebut? Ok, pertama silahkan login ke halaman administrator website Joomla Anda.

Pertama-tama kita akan membuat sebuah menu yang akan menampilakan isi dari suatu kategori. Untuk contoh, kita akan membuat suatu menu baru pada bagian mainmenu, silahkan klik Menu -> mainmenu. Klik tombol “NEW”, pada pilihan “New Menu Item” pilihlah “Table - Content Category”, kemudian klik tombol Next.

Anda akan di bawa ke halaman selanjutnya, yaitu halaman ” Add Menu Item :: Table - Content Category”. Berilah nama untuk menu tersebut pada kolom “Name”, kemudian pada kolom kategori pilihlah kategori yang akan ditampilan menggunakan menu ini. Untuk opsi-opsi lain pada bagian Details silahkan tentukan sendiri.

Selanjutnya kita akan mengubah seting pada bagian Parameters, inilah bagian paling penting dari tutorial ini. Dengan menggunakan parameter, kita bisa mengubah tampilan kategori pada website Joomla kita.

Pada bagian Parameters, ada beberapa pilihan yang bisa kita ubah untuk memberi “kesan” yang berbeda pada kategori website kita, antara lain:

Date Column: Untuk menentukan apakah kolom tanggal artikel akan ditampilkan atau tidak.
Author Column: Untuk menentukan apakah kolom nama penulis artikel akan ditampilkan atau tidak.
Hits Column: Untuk menentukan apakah kolom jumlah klik pada artikel tersebut akan ditampilkan atau tidak.
Table Headings: Untuk menentukan apakah judul dari tiap-tiap kolom akan ditampilkan atau tidak.
Navigation Bar: Untuk menentukan apakah navigasi halaman akan ditampilkan atau tidak.
Order Select: Untuk menentukan apakah fitur pengurutan artikel akan ditampilkan atau tidak.
Display Select: Untuk menentukan apakah fitur jumlah artikel per halaman akan ditampilkan atau tidak.
Display Number: Default jumlah artikel yang akan ditampilkan dalam satu halaman.
Filter: Untuk menentukan apakah fitur pencarian akan ditampilkan atau tidak.
Filter Field: Untuk menentukan tipe pencarian berdasarkan judul, penulis atau jumlah klik pada artikel.

Silahkan coba ubah pilihan-pilihan tersebut satu persatu dan lihat khasiatnya :). Berikut adalah contoh tampilan Joomla yang telah saya sesuaikan dengan kebutuhan saya.


source : http://www.id-joomla.com/content/view/61/40/