Monday, January 21, 2008

Menjual Link di Situs Joomla dengan TLA



Sudah bukan rahasia lagi membuat situs Joomla dengan Page Rank tinggi bisa didapatkan "lebih mudah" dengan mengandalkan komunitas joomla (Baca: Free Backlink Pagerank Tinggi Untuk Situs Joomla). Page Rank merupakan salah satu penilaian bagus tidaknya suatu situs, namun situs dengan dengan Page Rank Tinggi belum tentu menjamin bagusnya suatu situs (karena memang bisa dimanipulasi). Page Rank yang dikonsep Google sangat tergantung dengan backlink (tautan) dimana makin tinggi dan banyak tautan dengan situs-situs ber Page Rank tinggi maka bisa dipastikan situs yang mendapat backlink akan bertambah tinggi Page Rank situs tersebut. Dari sini muncullah bisnis menjual link, salah satu broker jual beli link terkenal adalah Text-Link-Ads.com (TLA).

Keuntungan TLA adalah anda tidak perlu mempromosikan situs, TLA sebagai broker akan secara otomatis mencari situs yang akan membeli link (umumnya situs perusahaan).

1. Sebelum mendaftar di Text-link-ads.com situs setidaknya mempunyai Page Rank 4 atau lebih tinggi. Akan lebih bagus jika mempunyai alexa dibawah 1 juta karena akan membantu menaikkan nilai jual (Baca: Tips Optimasi Alexa Rank Dengan Modul Widget). Jika mendaftar situs dengan Page Rank dibawah 4 biasanya langsung di pending, bila situs Page Rank naik secara otomatis pemilik situs akan diberitahu via email oleh TLA.
2. Situs dengan topik khusus seperti wanita, mainan, gadget, internet, kesehatan dst akan lebih banyak mengundang pemasang link. Tapi jika anda topik mempunyai situs tertentu masukkan sebanyak mungkin keyword (kata kunc)i ke kategori.
3. Penggunan bahasa juga sedikit berpengaruh dengan dengan banyak pemasang iklan, bahasa Inggris di utamakan karena banyak pemasang iklan dengan situs berbahasa Inggris.
4. Jika situs sudah diterima di TLA, anda diminta memasukan kode (Install Ad Code). Untuk pemakai joomla bisa memakai modul (seperti halnya modul adsnse, amazon dst) untuk menampilkan link TLA di situs Joomla. Modul bisa di download di http://www.bentonpena.org
5. Saat menginstall: step 1 (Please select the programming language used on your website:) pilih saja php, kemudian step 2 (Select Text Link Ads per row) untuk menampilkan jumlah link, set 10 link lebih baik.
6. Langkah selanjutnya adalah mengupload file xml misalnya local_10000.xml di direktori tempat kita menginstall joomla (biasanya di pub html atau root) dan CHMOD file xml tersebut dengan 666.
7. Install dan aktifkan modul TLA (tidak perlu memasang code atau script dari TLA) di situs joomla anda. Untuk konfigurasi

7. XML Filesname: Isi dengan file xml yang kita upload misal local_10000.xml
XML Key: Isi dengan XML Key situs kita biasanya ada di bawah nama situs (Install Ad Code)
Untuk Ukuran huruf dan warna bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan situs.
8. Jika instalasi berhasil akan langsung pemberitahuan ke email yang dipakai untuk mendaftar situs.

Untuk pembayaran lebih disarankan memakai paypal karena lebih mudah dicairkan misalnya lewat jasa penukaran paypal di indonesia atau withdraw jika mempunyai kartu kredit (Indonesia saat ini sudah withdraw). Pendapatan TLA biasanya dibagi dua (TLA dan pubhliser) misalnya kita bisa menjual satu link seharga $ 25 perbulan maka pendapatan kita $12.5 perbulan.

Menjual link sekarang menjadi hal yang di "larang" Google (Search Engine) karena mempengaruhi penilaian Page Rank, sehingga Google (search engine) meng"hukum" situs yang ketahuan memperjual belikan link mulai dari penurunan Page Rank sampai indek situs dihapus dari search engine google. Hal ini banyak dialami pengguna TLA yang mengalami penurunan Page Rank signifikan setelah memasang TLA setelah Google Update terakhir (bulan Oktober). Saran penulis adalah jangan memasang TLA di situs komunitas, situs resmi, atau yang sejenis, jika memungkinkan buat situs khusus untuk TLA (misalnya situs toko affilasi).

Jika anda mendaftar di TLA tapi situsnya tidak diterima atau takut memakai TLA, anda masih bisa mendapatkan komisi dengan menampilkan affiliasi refferal link atau banner TLA di situs anda. Besarnya $ 25 untuk setiap anggota baru yang berhasil menjual link. Bahkan situs TLA dituliskan saat ini ada seorang pubhliser yang mendapatkan lebih dari $ 1000 perbulan hanya dari Affiliasi TLA.

Pilihan kembali lagi pada anda untuk memilih menggunakan TLA atau tidak, dengan memperhitungkan segala keuntungan dan kerugiannya untuk situs joomla anda.

source : http://www.id-joomla.com/content/view/158/40/