Monday, January 21, 2008

Tips Optimasi Alexa Rank Dengan Modul Widget

Alexa adalah anak perusahaan bagian dari Amazon.com yang menyediakan informasi mengenai kualitas trafik suatu website. Kenapa kualitas dikarenakan Alexa tidak menghitung langsung kunjungan seperti situs statistik pada umumnya, dia mempunyai alogaritma yang di sebut Alexa Rank dimana semakin sedikit angka semakin bagus kualitas trafik suatu situs itu. Alexa Rank selain menunjukan kualitas traffic situs kita, nilai ini bisa dipakai untuk pertimbangan pemasang iklan misalnya di TLA, ReviewMe dan Adbrite (mungkin ada yang menambah).

Beberapa tahun yang lalu sangat populer Alexa toolbar, hanya saja ini tidak parktis dan pengguna IE sekarang sangat sedikit (IE 7 sekalipun). Selain memakai toolbar di IE (tidak praktis), cara meningkatkan adalah memakai widget, yang bisa didapat disini http://www.alexa.com/site/site_stats/signup

Untuk pemakai situs joomla tinggal buat new modul dan sisipkan javascript, kalo ingin lebih mudah lagi bisa memakai modul widget alexa sebagai berikut:

* Alexa Traffic Stats Module
* Alexa traffic data
* Google / Alexa Mod

Tinggal memasukan alamat situs dan memilih ukuran dan macam widget. Beberapa teman saya walaupun tidak semua memakai joomla juga mengalami penurunan peringkat Alexa Rank setelah memakai widget Alexa. Widget dan IE toolbar sebenarnya hanya pancingan untuk mempercepat update Alexa Ranking saja.

Tips ini bukan trik Alexa Rank, artinya widget memancing untuk situs untuk tercatat oleh Alexa (mungkin dengan bot Alexa) dan akan stabil sesuai dengan posisi traffik sebenarnya, pada situs yang tidak memakai alexa widget dan Alexa toolbar tidak tercatat atau updatenya terlambat. Jika situs anda tidak atau kurang punya traffik ya cara ini tidak akan bermanfaat.

Tidak mungkin situs anda bisa menyaingi situs Yahoo, Google, MSN yang hanya 1 digit, atau situs Joomla.org yang sekarang Alexa Ranknya 500an.

Sudah sangat bagus bisa menembus 1 juta apalagi ratusan ribu, nilai yang ada bisa dipakai untuk menilai kualitas trafik situs anda. Paling tidak ya bisa "pamer" dengan modul widget menunjukan pada pengunjung bahwa situs kita "sangat bagus" (dari sudut pandang trafiik) dan semoga hal ini bisa mengundang advertisers untuk pasang iklan atu link di situs kita.

Selamat mencoba...

source : http://www.id-joomla.com/content/view/45/40/