Monday, January 21, 2008

Folder /tmp yang terlupakan

Saya mau membagi pengalaman saya. Dua minggu yang lalu saya menginstall template administrator Minted One-Point-Five yang saya download dari http://www.joomlaworks.gr/ sebab templatenya cool banget, setelah selesai saya install complete saya login dan tidak ada masalah. Tetapi tiba hari ini saya tidak bisa login dan muncul pesan error dengan cepat yang berbunyi:

Warning session_write_close() [function_session_write_close]: write failed Disk quota exceeded (122) in /home/medan/public_html/administrator/index.php on line 155

Warning session_write_close() [function_session_write_close]: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session save_path is correct (/tmp) in /home/medan/public_html/administrator/index.php on line 155

Awalnya saya pikir ini karena bugsnya template tersebut tetapi setelah saya baca ternyata karena sessionnya yang tidak bisa menulis di folder /tmp.

Setelah saya cek filemanagernya saya sangat terkejut, astaga ternyata kapasitas file yang telah terpakai mencapai 95%..

Solusinya: Hapus semua file stats yang terdapat pada folder /tmp

NB:
Folder /tmp merupakan folder yang berisikan file-file log statistik dan merupakan umumnya folder yang ditulisi oleh session php maupun cookies dimana bila kita mempunyai script yang berhubungan dengan session atau cookies seperti halaman login, session maupun cokies tersebut akan tersimpan dalam folder /tmp.

source : http://www.id-joomla.com/content/view/157/40/