Monday, January 21, 2008

Menaikkan Ranking Situs dengan Template Joomla

Bagi seorang pubhliser atau pro blogger Page Rank TM Google tidak bisa di nafikan, Page Rank TM bisa menjadi salah satu patokan kualitas situs. Dengan Page Rank TMyang tinggi bisa memudahkan untuk "menjual" situs kita pada perusahan iklan yang mengandalkan Page Rank TM semacam ReviewMe, Text Link dan lain-lain. Page Rank TM dari Google mengandalkan kekuatan backlink (tautan), makin tinggi Page Rank rekanan kita dan atau kita mendapatkan backlink dari situs edu dan gov maka semakin tinggi Page Rank TM situs kita. Untuk diketahui kaprah Page Rank TM Google tidak langsung berpengaruh dengan hasil pencarain di Google (Search Engine Result Page}, namun banyaknya backlink dengan keyword tertentu atau ancor link (seperti Joomla Indonesia ) ke situs kita (Inbound link) membantu situs kita pada hasil pencarian di google. Jika anda tidak berorientasi pada menjual link, posisi bagus pada Google tentunya akan membantu situs atau perusahaan anda misalnya dalam menjual produk atau jas..
Salah satu cara mendapat backlink yang termudah dan gratis adalah membuat template gratis. Keuntungan membuat template joomla gratis adalah karena joomla sudah dipakai jutaaan orang sekarang (yang akan bertambah terus) dan pembuatan templatenya tidak serumit pembuatan template cms lain.
Disini saya tidak akan mengupas cara membuat karena sudah banyak di bahas oleh bukunya mas Andy atau buku-buku joomla lainya, saya lebih ke bagaimana memasarkan template:
1. buat free tempalte dengan tema (niche) tertentu yang banyak di gemari (wanita, bisnis, sport, gadget dst). Kalo bisa template sesuai dengan tema situs anda.
2. jangan lupa menyantumkan link situs dengan ancor link di template anda sebelum disimpan dalam bentuk zip.
3. simpan zip tempalte yang siap download di situs anda misalnya memakai remositoy, docman atau yang sejenis
4. buat artikel pendek bawa anda telah membuat free tempalate di
http://www.joomla.org/component/option,com_submissions (joomla news)
http://www.joomlaos.de (bahasa jerman)
http://www.joomla24.com
http://www.joomlatribune.com
http://joomlastars.com
Itu saja sudah cukup karena tulisan akan akan tersebar luas dan mendapat backlink dari situs itu yang Page Rank TM lumayan tinggi. Dari sini template kita akan direview oleh situs review atau pengemar joomla yang sekarang banyak bermunculan yang secara tidak langsung situs kita mendapat backlink lagi (maklum gartisan kan banyak yang suka) . Belum lagi jika template anda dipakai oleh pengemar joomla yang mempunyai Page Rank TM Tinggi atau PR dari situs berdomain .Gov atau .Edu. Kenapa ini terjadi sekarang dengan adanya Joomla setiap orang dengan pengetahuan design dan programming terbatas bisa membuat situs, mereka tentunya butuh template siap pakai. Walaupun Page Rank TM kecil bisa membangun link popularity yang tentunya membantu membantu situs anda muncul lebih baik pada hasil Pencarian di Google.
Tulisan diinspirasi salah pemilik situs joomla di situs http://joomlapoweredsites.com, yang memakai tehnik ini untuk menaukan peringkat situsnya.