Tuesday, March 11, 2008

Apa itu Google Sandbox dan Cara mengatasinya

Apa kegunaan dari Google Sandbox?
Jika keberadaan Google Sandbox tidak diakui secara resmi, jadi saya rasa kegunaan yang pasti dari Google Sandbox ini tidaklah ada. Yang ada hanyalah efeknya yang membuat situs-situs baru untuk berjuang secara wajar untuk mendapatkan posisi dimesin pencari dengan kata kunci yang mereka inginkan/targetkan.

Jika pemilik situs baru malas-malasan dalam mengurus situsnya, maka situs tersebut akan lama berada disalam Sandbox, tetapi jika sipemilik rajin, maka situsnya bisa dapat relatif lebih cepat untuk keluar dari sandbox. jadi dalam hal ini, sanbox ternyata berguna juga untuk menguji niat dan mental dari pemilik situs baru. Cosa Aranda dalam blognya juga mengatakan bahwa Google Sandbox sebagai ajang plonco oleh Google.

Bagaimana cara mengatasi Google Sandbox?
Sebenarnya kuncinya terletak pada Backlink yang berkualitas dan saliong berhubungan yang dimiliki oleh suatu halaman situs, baik itu internal backlink maupun eksternal backlink. Selain dengan cara meng-update konten situs secara berkala dan memberikan tautan/link dengan topik-topik yang masih saling berhubungan yang berguna untuk memperbanyak internal backlink atau dengan cara mendapatkan eksternal backlink dari domain yang memiliki authority dan trust yang tinggi dimesin pencari. Cara-cara ini relatif efektif uktuk mengatasi efek dari Google Sandbox.

Banyak orang (termasuk saya, mungkin hehe..) yang meng-eksploit lubang algoritma ini dengan menciptakan subdomain spam pada hosting gratisan atau situs yang mengijinkan anggotanya untuk mendaftar gratis atau dengan biaya murah. mungkin Google akan membuat suatu perubahan sesar mengenai hal ini dalam waktu dekat.

Terserah anda untuk melakukannya atau tidak, yang pasti Google menilai suatu link dari reputasi linknya dan bukan dari banyaknya backlink. Hal-hal yang mempengaruhi link reputasi di Google anatara lain:
- Umur link
- Perubahan teks anchor
- Rasio kedalaman link
- Kualitas link sumber (berdasarkan siapa yang me-link ke mereka dan kemana lagi mereka me-link)
- Apakah ada yang meng-klik link tersebut?

Jadi, jika situs anda masuk ke dalam Google Sandbox, tidak usah panik, tetap rajin meng-update situs anda dan seiring waktu, situs anda pun dapat keluar dari Google Sandbox dengan sendirinya.

source : Indobloggers